Bawaslu Mesuji Lampung Ajak Masyarakat Untuk Aktif Awasi Pilkada 2024


Merpatilampung.com, Mesuji - Deklarasi Desa Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Mesuji Lampung Ajak Masyarakat Untuk Aktif Awasi Pilkada 2024. Dengan tema ‘Pemilihan Umum Jujur, Rakyat Makmur – Cegah Kecurangan. Kegiatan digelar Balai Desa Gedung Sri Mulyo Kecamatan Way Serdang, Kabupaten Mesuji pada hari Jumat, (5/7/2024).


Hamid Badrul Munir Anggota Bawaslu Provinsi Lampung mengatakan bahwa partisipasi masyarakat sangat menentukan suksesnya Pilkada 2024. “Masyarakat harus aktif mengawasi setiap tahapan pemilu dan melaporkan jika menemukan dugaan pelanggaran,” tegas HBM saat memberikan sambutan pada kegiatan Desa Pengawasan Partisipatif dengan tema ‘Pemilihan serentak 2024 Jujur, Rakyat Makmur – Cegah Kecurangan, Laporkan Pelanggaran, ” Katanya.


Dilanjutkan Deden Chayono. S. Sos Ketua Bawaslu Mesuji. Ia menyebutkan “desa pengawasan partisipatif diharapkan sebagai wadah masyarakat agar meningkatkan partisipasi aktif dalam pengawasan Pilkada. “Masyarakat semakin paham mengenai Pemilu atau pemilihan dan ikut bersama Bawaslu awasi pemilu,” katanya.

“Serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama mengawasi pemilu. “Meskipun sudah menjadi tugas dan wewenang Bawaslu dan KPU sebagai penyelenggara Pemilu, seluruh warga negara mempunyai tanggung jawab moral untuk mengawasi pemilu yang demokratis selaras dengan tujuan pembentukan kampung lengawasan partisipatif ini,” ungkapnya.


Kepala Desa Gedung Sri Mulyo menyambut baik kegiatan Desa Pengawasan Partisipatif ini. Ia mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pencegahan dan pelaporan dugaan pelanggaran kepada Bawaslu atau Panwaslu Desa dan Kecamatan.


Sementara itu, perwakilan Kesbangpol Mesuji menyoroti pentingnya kolaborasi antara penyelenggara pemilu dan elemen masyarakat dalam menjaga suksesnya pemilihan. “Mari kita bersama-sama awasi pemilu agar berjalan dengan jujur dan adil,” imbaunya.


Kegiatan Desa Pengawasan Partisipatif ini diisi dengan pembacaan deklarasi Desa Pengawasan, penandatanganan deklarasi, materi dan diskusi, serta penutupan. Deklarasi Kampung Pengawasan merupakan komitmen masyarakat untuk mengawasi jalannya pilkada dengan jujur dan adil.


Deden Chayono berharap “kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya partisipasi dalam pengawasan pilkada. Dengan partisipasi masyarakat yang aktif, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan jujur, adil, dan berintegritas,” tutupnya. (ADV/jhoni)