Inisiatif Lampung Sehat Ajak IWO Lampung Perangi Tuberkulosis



Lampung,merpatilampung.com ---  Yayasan Inisiatif Lampung sehat (ILS) Melakukan kunjungan ke kantor Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Lampung, mengajak kerjasama untuk melakukan pendampingan bagi warga penderita tuberkulosis (TB) , Senin 6/10/24.


Yudi Pratama dan keempat rekannya merupakan mahasiswa magang kampus merdeka di Bakrie Center Foundation yang bekerjasama dengan Inisiatif Lampung Sehat pada divisi Research and Advocation


Yudi menjelaskan, Inisiatif Lampung Sehat adalah lembaga kemasyarakatan di bidang kesehatan yang konsen untuk melakukan pendampingan, pelatihan, advokasi, dan kerjasama yang meliputi aspek pelayanan kesehatan masyarakat. 


Sebagian besar pengurusnya merupakan pelaksana program pencegahan Tuberkulosis (TB) di Community TB Care Aisyiyah sejak tahun 2009.  Selain bidang kesehatan di dalam AD/ART ILS tertuang bahwa ILS konsen pada pertolongan kebencanaan. 



Menurut Yudi, beberapa pengurus ILS sudah pernah dilatih dan turun langsung di beberapa kebencanaan di dalam negeri, agar dapat memberikan kontribusi yang berarti kepada bangsa, tanpa membedakan suku, agama dan ras. 


" Lembaga Inisiatif Lampung Sehat saat ini dipercaya sebagai pelaksana program Eliminasi TB di Lampung dan dinaungi oleh PR Konsorsium STPI Penabulu dengan bergerak aktif membantu pencegahan dan pengendalian angka penderita penyakit menular, khususnya Tuberkulosis" ujar yudi, di Kantor IWO Lampung jl pahlawan nomor 15 Kelurahan Surabaya Kedaton Bandar Lampung.



Lanjut Yudi, aktivitas ILS meliputi penyuluhan, penemuan kasus, pendampingan pasien, dan investigasi kontak. " Program development misal melakukan penyuluhan kepada kader, yang membawahi berapa orang nah nanti dia melakukan penyuluhan terkait di bagaimana penanggulangannya dan lain sebagainya" ungkapnya.


Masih Yudi, Inisiatif Lampung sehat sudah bekerja sama dengan 10 Kabupaten salah satunya adalah Lampung Timur.  " dan di Lampung Timur sendiri Nanti insya Allah salah satu project kami yaitu Desa peduli TB jadi memang nanti kami akan mencari satu desa yang memiliki alat kesehatan yang memadai sumber manusia sumber daya manusia itu untuk menjadi Desa persahabatan terbaik penanggulangan TB" imbuhnya.


Ketua IWO Provinsi Lampung Edi Arsadad, menyambut baik rencana kerjasama ILS dan IWO dalam rangka memerangi TB. Menurut Edi selama ini IWO telah banyak melakukan kerjasama dengan lembaga kemasyarakatan maupun Pemerintah daerah.


"Saya menyambut baik dan mendukung penuh kerjasama ini" ujar nya.


Edi mengatakan dengan hadirnya ILS ke IWO membuka jalan bagi rekan rekan media dapat turut serta melakukan hal-hal baik. "Ini salahsatu jalan kami mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara bersama ILS" urainya. 


Perlu diketahui ILS sendiri secara resmi didirikan pada tanggal 2 September 2020 dan sudah tercatat di Kemenkumham serta di Kesbangpol provinsi dan 9 kabupaten/kota meliputi (Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran dan Tulang Bawang Barat.(Red)