PJ Bupati Tubaba Buka FGD Optimalisai Aplikasi Tubaba.go.id

Merpatilampung.com,tubaba.go.id - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tubaba menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Layanan Informasi Publik Melalui Aplikasi "tubaba.go.id". Kegiatan yang diikuti oleh seluruh OPD dilingkup Pemkab Tubaba ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati setempat, Kamis, 8 Agustus.

Penjabat (PJ) Bupati Tubaba, Drs. M. Firsada, M.Si., yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tubaba, Dra. Bayana, M.Si., saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan ini meminta untuk memanfaatkan aplikasi tubaba.go.id secara optimal sehingga penyediaan informasi publik lebih efektif, efisien dan transparan.

"Saya meminta agar aplikasi ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh semua OPD, sehingga proses pengelolaan, penyediaan dan pelayanan permohonan informasi publik dapat dilakukan dengan lebih efektif, efisien dan transparan," ucapnya.

 

Dirinya menegaskan keterbukaan informasi publik tidak semata memenuhi aturan, namun juga sebagai sarana meningkatkan partisipasi publik dalam tata kelola pemerintahan khususnya Tubaba.

"Saya ingin menegaskan bahwa keterbukaan informasi publik bukan hanya tentang memenuhi aturan, tetapi juga tentang meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan partisipasi publik dalam tata kelola pemerintahan," pungkasnya.

Sementara Kepala Diskominfo Tubaba, Eri Budi Santoso, S.Sos., M.H., menjelaskan tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini salah satunya ialah penyediaan informasi publik melalui aplikasi PPID.TUBABA.GO.ID oleh perangkat daerah dilingkup Pemkab Tubaba.

Acara dilanjutkan dengan Bimtek oleh Narasumber Komisioner KIP Prov. Lampung, Dery Hendryan, S.H., S.IP., M.H., dan BPK RI Perwakilan Prov. Lampung, Teguh Sriharto, S.E., M.M.

(Jhoni)